Cara Jual Beli Rumah KPR

Sumber Gambar : Google Images
Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap keluarga. Hal tersebut dikarenakan rumah menjadi tempat untuk berlindung baik dari cuaca panas ataupun dingin. Akan tetapi tidak semua orang terutama kepala keluarga yang mampu memiliki rumah karena biaya atau harga rumah yang tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa pihak yang terkait dengan jual beli rumah KPR, menawarkan kredit kepemilikan rumah dengan harga yang beragam, namun tetap harus melalui persyaratan dan langkah tertentu.

Langkah pertama dalam melakukan jual beli rumah dengan KPR adalah dengan menentukan rumah yang akan dibeli dengan KPR. Terdapat 2 cara yang dapat dilakukan yaitu:
  • Melalui beberapa bank yang menawarkan kredit KPR seperti BTN dan meminta informasi lokasi rumah yang disediakan untuk KPR.
  • Mencari informasi sendiri melalui media koran, internet, iklan atau dengan survey langsung lokasi rumah tersebut.

Setelah Anda telah mendapatkan rumah yang akan Anda beli dengan KPR, tanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah tersebut misalnya biaya dan keadaan rumah. Setelah Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan, Anda harus membayar tanda jadi atau bukti pemesanan rumah kemudian membayar uang muka KPR. Jika Anda membeli rumah dengan KPR melalui developer, biasanya dari pihak pengembang akan mengurus segala keperluan ke bank yang menjadi mitra atau partner. Akan tetapi, jika Anda melalui bank, misalnya BTN, Anda harus melalui langkah pengajuan KPR yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan dari bank.

Setelah melakukan pengajuan untuk melakukan jual beli rumah KPR, Anda harus menunggu terlebih dahulu karena bank akan melakukan verifikasi data sebelum memutuskan bahwa Anda layak atau tidak mendapatkan kredit tersebut. Jika tidak, maka Anda tidak dapat mencairkan kredit yang diajukan untuk mendapatkan rumah, sedangkan jika Anda dinyatakan layak, maka Anda dapat segera melakukan pencairan kredit. Jika diterima, maka setidaknya Anda harus dapat menyediakan biaya untuk membayar uang muka dan angsuran pertama serta biaya lain yang diperlukan misalnya biaya notaris, administrasi, pajak ataupun biaya asuransi yang harus dibayarkan.

Link yang terkait dengan pengurusan KPR dan cicilan rumah melalui bank, terutama BTN, bisa diklik pada : https://www.btnproperti.co.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Jual Beli Rumah KPR"

Posting Komentar