Tips Tepat dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Kebersihan tidak hanya harus dijaga oleh orang dewasa atau orang yang mampu untuk melakukan semuanya sendiri, akan tetapi, kebersihan untuk bayi juga harus dijaga. Kebersihan bayi yang tidak dijaga akan membuat bayi terutama bayi yang baru lahir menjadi lebih mudah untuk terserang penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dari bayi adalah dengan rajin memandikannya dengan melakukan cara memandikan bayi baru lahir dengan benar.



Untuk melakukan cara memandikan bayi yang baru lahir, Anda harus berhati-hati karena bayi masih belum memiliki reflek yang bagus. Pertama siapkan peralatan yang diperlukan, tempat mandi atau ember atau tempat air lainnya, wash lap yang lembut sehingga tidak melukai kulit bayi serta produk mandi Zwitsal yang aman digunakan untuk bayi yang baru lahir. Air yang digunakan untuk memandikan bayi sebaiknya menggunakan air hangat. Akan tetapi, untuk bayi yang umurnya masih dibawah 3 minggu atau yang masih memiliki tali pusat, Anda dapat menggunakan spons atau washlap dan disapukan ke badan bayi namun usahakan jangan sampai membasahi tali pusat.

Tempatkan bayi Anda di tempat yang hangat dan memiliki permukaan datar. Anda dapat menggunakan meja atau tempat tidur Anda sebagai alas kemudian diberi selimut atau handuk lantai. Gunakan washlap halus yang dibasahi dengan air, jangan lupa untuk memerasnya terlebih dahulu, kemudian bersihkan badan bayi. Lakukan dengan lembut dan hati-hati serta jangan melakukannya terburu-buru.

Dalam melakukan cara memandikan bayi baru lahir, Anda tidak perlu menggunakan sabun. Perhatikan di bagian leher, daerah popok, belakang telinga, lengan, jari. Untuk membersihkan bagian tersebut, Anda dapat menggunakan sabun pelembab ringan Zwitsal. Ketika Anda selesai memandikannya, keringkan badan bayi dengan menggunakan handuk lembut. Pastikan jika Anda tidak membuat bayi Anda kedinginan dan untuk menghindari bayi Anda kedinginan, Anda dapat membungkusnya dengan menggunakan handuk tersebut sebelum Anda mengoleskan minyak bayi atau bedak dan memakaikan pakaian. Gunakan bedak yang cocok untuk kulit bayi dan perhatikan mengenai bagian bayi yang mengalami masalah iritasi sehingga tidak membuat daerah yang iritasi tersebut semakin buruk.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Tepat dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar