Mumpung Masih Muda, Ayo Investasi Sekarang!


Tertarik untuk berinvestasi? Ini berarti Anda sudah memikirkan secara jangka panjang tentang masa depan Anda. Dengan adanya investasi, ini memastikan bahwa Anda akan mempunyai sumber penghasilan ketika membutuhkan dana yang cukup besar, seperti menyekolahkan anak (atau diri
sendiri), maupun untuk pensiun nantinya. Tetapi bagi orang yang baru memulainya, pertanyaan paling awal yang harus diketahui jawabannya adalah satu: kapankah Anda harus investasi?

Kalau Anda melihat tren sekarang ini, maka sudah jelas bahwa di beberapa tempat, termasuk di Indonesia, ekonomi sedang dalam keadaan lesu. Mata uang Rupiah melemah, ekonomi melambat, dll. Banyak nasihat terdengar bahwa ini saatnya investasi, atau sekarang paling pas untuk investasi A, B, C, atau X, yang berpotensi membuat Anda sebagai calon investor bingung. Kalau Anda mendengar ini, hanya satu nasehatnya: jangan terlalu dipusingkan dulu.

Memang, Anda perlu mengetahui situasi ekonomi sekarang, terutama prinsip ekonomi di mana Anda membeli murah, untuk kemudian dijual tinggi. Tapi untuk soal investasi dan waktu yang tepat, maka jawabannya adalah:

1. Saat Anda memiliki dananya
Ketika Anda memang sudah memiliki dana yang diperlukan untuk melakukan investasi, kenapa tidak mulai dari sekarang saja? Anda sudah mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mungkin bahkan sudah melunasi hutang-hutang Anda, atau hanya mencicil angsuran yang kecil saja. Ini saatnya Anda melakukan investasi, di kala ada dana.

2. Semakin muda semakin baik
Investasi akan semakin terlihat hasilnya ketika jangka waktu semakin lama. Karena itu, mumpung Anda masih muda, Anda sebaiknya berpikir untuk mulai investasi. Bisa dengan reksadana, dengan saham, deposito, maupun dengan cara yang lainnya. Kalau khawatir, Anda bisa memilih reksadana yang punya pendapatan tetap.

Jadi, memang tak salah kalau Anda membaca berbagai nasihat yang ada tentang investasi. Toh, memang ada resiko yang akan diterima begitu Anda mulai menanamkan uang Anda tersebut. Tapi jangan anggap ini sebagai halangan, namun justru sebagai petunjuk untuk mencari mana yang menghasilkan keuntungan paling banyak bagi Anda. Mulailah dari yang low risk lebih dahulu, baru kemudian berpindah ke yang lebih besar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mumpung Masih Muda, Ayo Investasi Sekarang!"

Posting Komentar