Energi Alternatif untuk Masa Depan

Energi Alternatif

Energi Alternatif untuk Masa Depan

Kehidupan di planet bumi dipercaya akan berhenti jika dunia telah kehabisan sumber energi. Sebab energi memang kebutuhan dasar yang menggerakkan roda kehidupan manusia. Sedangkan saat ini seluruh elemen masyarakat dunia menghadapi masalah yang sama, yakni menipisnya sumber energi tak terbarukan yang berasal dari energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Belum lagi dampak dari eksplorasi energi tidak ramah lingkungan yang telah menimbulkan efek pemanasan global. Begitu pula dengan masalah yang dihadapi oleh Indonesia perihal ketersediaan sumber energi. Jika tidak segera diatasi, generasi mendatang mungkin akan menanggung akibatnya. Oleh karenanya dibutuhkan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk menemukan energi alternatif yang tetap sanggup 
menggerakkan kehidupan untuk generasi di masa depan.

Penggunaan sumber energi baru di luar energi fosil sudah tentu memiliki keunggulan tersendiri. Diantaranya yaitu sifat dari sumber energi yang tidak habis dan segi jumlah energi yang dihasilkan terbilang sangat besar. Selain itu pemilihan alternatif juga seharusnya dipertimbangkan agar tidak berdampak mencemari lingkungan. Meski demikian tetap dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membangun sarana dan prasarana sumber energi baru. Dan juga harus diprioritaskan kecanggihan teknologi untuk dapat mengeksplorasi alternatif energi dari alam. Indonesia sendiri telah memiliki beberapa terobosan alternatif untuk menanggulangi masalah keterbatasan energi di masa depan.

Letak Indonesia yang sangat strategis di garis khatulistiwa membuat negara kita berpotensi memanfaatkan sinar matahari sebagai pemasok energi untuk masa depan. Ketersediaan sinar matahari negara tropis seperti Indonesia memang sangat melimpah dan terjadi hampir sepanjang tahun. Alternatif berikutnya adalah dengan memanfaatkan bahan bakar biodisel yang beraslah dari tumbuhan maupun hewan. Misalnya dari jenis tumbuhan yaitu tanaman jarak, kacang tanah dan bunga matahari. Sedangkan bahan bakar bio yang berasal dari hewan misalnya lemak sapi dan biri-biri, bahkan dapat pula berasal dari kotoran hewan. Pengelolaan berbagai sumber energi alternatif pun bisa melalui kekayaan air sungai, gelombang air laut, panas bumi, dan angin yang dimiliki Indonesia.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Energi Alternatif untuk Masa Depan"

Posting Komentar