Gejala Atau Ciri-ciri Ketuban Pecah

ciri ciri ketuban pecah

Pecahnya ketuban merupakan salah satu gejala atau tanda-tanda memasuki proses melahirkan. Ketuban pecah dialami oleh para Ibu yang sedang memasuki masa hamil tua. Tapi terkadang, pecahnya ketuban seringkali tidak disadari oleh para Ibu yang sedang melewati masa kehamilan. Padahal jika tidak segera ditangani, air ketuban yang sudah pecah dapat beresiko membahayakan keselamatan janin yang ada di dalam kandungan. Sebab, cairan yang keluar dapat membuat janin menjadi lemas dan mengalami resiko yang tidak diharapkan.
 
Oleh sebab itu, para orang tua harus mengetahui seperti apa gejala dan ciri-ciri ketuban yang pecah. Beberapa ciri yang dimaksud antara lain:
  • Terdapat cairan yang merembes keluar dari vagina dan tidak bisa ditahan.
  • Menetes cairan lebih banyak dari bagian vagina.
  • Terasa ada sesuatu yang pecah di dalam perut dan menimbulkan suara.
  • Cairan keluar terasa hangat dan tidak tertahan.
  • Terasa tekanan di bagian perut bawah.
  • Terjadi kontraksi pada perut, punggung terasa pegal dan lain sebagainya.
     
Apabila hal ini terjadi, maka Ibu harus segera dibawa ke dokter atau paramedis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika pecahnya ketuban tersebut terjadi sebagai tanda masuknya proses melahirkan, tentu saja tindakan yang tepat harus segera dilakukan untuk menyelamatkan janin dalam kandungan. Penanganan yang tepat juga harus dilakukan walaupun kandungan belum memasuki masa kelahiran. Sebab, pecahnya ketuban dapat terjadi lebih awal dan menandakan bahwa bayi harus dilahirkan segera atau mengalami kelahiran prematur alias sebelum waktunya.
 
Agar ketuban pecah secara normal dan masa kehamilan dapat dilalui dengan baik hingga tahap persalinan dan seterusnya, maka para Ibu wajib memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan secara optimal. Ibu harus menjaga gaya hidup, mencegah stress, mengonsumsi makanan sehat dan nutrisi yang seimbang. Salah satunya yaitu dengan memilih Lactamil sebagai asupan nutrisi tambahan di masa kehamilan. Lactamil bermanfaat untuk melengkapi gizi Ibu dan buah hati dalam kandungan sehingga masa kehamilan bisa dilalui dengan lancar dan bayi akan lahir dengan sehat dan normal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala Atau Ciri-ciri Ketuban Pecah"

Posting Komentar