Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Benar
Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Mempunyai momongan biasanya menjadi awal kebahagiaan dalam kehidupan berumah-tangga khusus bagi mereka yang berstatus orang tua baru. Kondisi rumah yang tenang, seketika langsung terdengar ramai dengan kehadiran bayi yang merupakan anggota baru dalam sebuah keluarga. Banyak hal yang ditakutkan ibu muda saat anak pertama baru saja dilahirkan salah satunya belum mengetahui
cara mengendong bayi baru lahir dengan benar.
Karena rasa khawatir yang berlebihan itulah yang menyebabkan para ibu muda belum berani mengendong buah hatinya. Padahal menggendong bayi bisa mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Tidak perlu khawatir karena selama anda melakukan cara yang benar maka tidak akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan selama menggendong bayi. Dibawah ini akan dijelaskan prosedur menggendong bayi baru lahir secara aman.
Teknik Umum Menggendong Bayi Baru Lahir

Ada beberapa cara yang lazim dilakukan saat menggendong bayi baru lahir dengan aman atau dengan kata lain tidak membahayakan dan bisa membuat bayi merasa nyaman seperti dengan cara.

  • Menggendong Dengan Pelukan
Menggendong Dengan Pelukan
Cara seperti ini sering dilakukan ibu sehabis menyusui bayi, jadi tujuannya baik yaitu agar bayi segera bersendawa setelah menyusui untuk mencegah perut kembung. Metode-nya lumayan praktis yakni memegang bagian leher dan kepala bayi, lalu tangan lainnya menopang bagian pantat sehingga posisi bayi dalam kondisi tegak memeluk ibunya.
  • Menimang
Menimang
Teknik ini paling umum digunakan karena lebih mudah dalam melakukannya, caranya pertama tama letakan bagian leher bayi pada salah satu tangan anda, bisa tangan kanan ataupun kiri. Lalu pada tangan yang lain berperan untuk menopang bagian pantat bayi, lakukan penyesuaian posisi hingga bayi merasa nyaman. Teknik ini dinamakan menimang karena pada posisi mengendong, anda bisa mengayunkan bayi secara perlahan untuk menenangkan-nya.
  • Menggendong posisi Tengkurap
Menggendong posisi Tengkurap
Metode ini lebih jarang dilakukan namun sebenarnya punya banyak manfaat salah satunya menenangkan bayi yang sedang rewel. Posisi kedua tangan pengendong sama hanya saja posisi bayi tengkurap, usahakan agar muka bayi tidak tertutup. Ibu bisa menepuk lembut punggung bayi dan itu bisa membuatnya rileks. Lebih baik lagi bila ibu memijat punggung bayi menggunakan baby oil Zwitsal saat mengendong dalam posisi tengkurap tersebut.
Itulah cara mengendong bayi baru lahir secara benar dan aman, hendaknya teknik teknik yang telah dijelaskan tersebut dapat diterapkan dengan seksama terutama bila anda belum terbiasa menggendong bayi. Semoga infornasi diatas bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Benar"

Posting Komentar